Salam Don Danang
 

Don Danang seorang mantan wartawan yang terdampar di dunia blog. Ia tak punya kelebihan selain menulis dan fotografi. Katanya blog ini berisi semua pikiran gila dan kreatifnya. Benar atau tidak? Cek saja sendiri. Selamat menikmati...

Profil Lengkap Don Danang

  Hubungi Don Danang
 

sayadanang@yahoo.com
Friendster Don Danang
Facebook Don Danang
Multiply Don Danang

  Usik Don Danang
 
  Coretan Don Danang
 
  Arsip Don Danang
 
  Cibir Don Danang
 



  Kawan Don Danang
 




  Plurk Don Danang
 
  Rumah Don Danang
 

5.28.2008

Dua Pemberitahuan

Postingan kali ini gue mau memberikan 2 pemberitahuan (gaya banget yah?). Berikut pemberitahuannya:

Pemberitahuan I

Di postingan Narkoba tak Bekerja ada yang kasi komen seperti ini:
tumben postnya bermakna. Huhuhu, gue jadi terharu membaca komen dari Pamms itu. Terima Kasih Paams komennya. Postingan berikutnya pasti bakal lebih bermakna lagi. Hehehe.

Tapi, ada kata yang membuat gue gundah gulana *lebay*. Koq ada kata "TUMBEN" (?) Berarti sebelum postingan Narkoba tak Bekerja, postingan gue nggak bermakna. WADUH!!! Senangnya Sedihnya hatiku. Gue jadi punya beban moral nih.

Insya Allah di postingan-postingan gue berikutnya bakal diisi dengan gaya jurnalistik. Gaya jurnalistik disini berupa laporan pandangan mata. So, apa yang gue lihat menarik di sekitar gue, itulah yang bakal ditulis.

Bingung? Sama, gue juga bingung cara menjelaskannya. Bahasa mudahnya seperti ini: What I wrote is what I saw (maap kalo bahasa Inggrisnya ngaco).

Bakal ada tulisan dalam bentuk feature. Apa itu feature? Hmmmm bisa panjang kalo gue jabarkan di sini. Contohnya: bisa baca tabloid atau majalah apa aja. Bisa tabloid Nova, Bintang Indonesia, Bola, dll. Bisa juga baca majalah Rolling Stone, Cosmo Girl, Cinemags, dll. Nah, sebagian besar tulisan di tabloid dan majalah itu disebut feature. Jadi gue bakal menulis seperti itu. Sebenernya koran juga ada feature-nya. Cuma agak susah nantinya buat membedakan mana straight news dan feature.

Lah!! Apa lagi itu straight news? Baca aja headline koran nasional. Itulah straight news.

Kenapa harus pake gaya jurnalistik sih Don?

Ini semata-mata untuk menerapkan ilmu yang gue dapet di bangku kuliah. Alasan lainnya supaya sense jurnalis gue tetap terasah. Udah 2 bulan ini gue berhenti menulis feature. Jujur, gue masih suka kangen sama yang namanya nulis feature. Kadang gue masih suka cari bahan berita dan menulis berita dikit-dikit. Tapi nggak pernah gue publikasikan. Jadi, gue minta dukungan teman-teman supaya gue bisa jadi jurnalis yang baik. *DOAKAN SAYA YAH*

Hubungi 0809-112-CALL POLICE untuk memberikan dukungannya (lho?).

Tentunya untuk menulis gaya jurnalistik ada yang harus diperhatikan. Apa itu?

1. Kata GUE bakal diganti dengan SAYA
Kalo menemukan kata saya dalam postingan gue berarti gue menulis feature. Kenapa nggak Aku? Dalam bahasa jurnalistik, aku itu terlalu baku dan kaku. Jadi pilihan jatuh pada saya. Kesannya humble dan bisa diterima semua orang. Kenapa nggak akyu? Plis deh. Oia ada juga kata KAMI. Ini untuk mengganti kata KITA.

2. Foto
Insya Allah di setiap postingan bakal disertakan foto (bukan foto narsis). Karena foto bisa memperkuat naskah tulisan. Jadi kemana-mana gue bakal membawa kamera saku untuk memotret wanita-wanita. Kalo nggak ketinggalan loh.

Segini aja pemberitahuan yang pertama. Hatur Nuhun.

Pemberitahuan ke II

Sabtu (31/5) jam 1 siang sampai selesai Raditya Dika bakal mengadakan talkshow di Gramedia Depok. Buat yang tinggal di Depok dan sekitarnya berbahagialah kalian.

Selain bertemu Radit, teman-teman juga bakal temu kangen dengan selebriti blogger seperti Ridu, Benazio Autis, dan Tyo Gaptek di sana. Tentunya gue sendiri ada.

Mari kita hancurkan ramaikan talkshow Raditya Dika. Hahahha.

Label:

22 Komentar:

Pada 29 Mei 2008 pukul 00.50 , Blogger PaiJan mengatakan...

waah.. dateng juga ya oom nanti di depok,.

insya Allah saya juga mau dateng ksana..

 
Pada 29 Mei 2008 pukul 01.11 , Blogger Armstrong da Jimmy mengatakan...

Wah masih di depok yah, kapan ke jogja euy si radith ntuh... :P

Ntar malahan kek berita neh postingan postingannya bung, mending kek dulu aja bung lebih menggambarkan diri sendiri... *hehehe sok tahu saia neh*

Hayoo bung don danang kece tetep semangat...

 
Pada 29 Mei 2008 pukul 05.54 , Blogger Agritia Eka Putri mengatakan...

waah, si raditya dika mampir ke depok juga toh?
btw, mas don danang yg kece ini ngapain ikut2an si raditya dika nyangsang di gramed depok? :D

 
Pada 29 Mei 2008 pukul 09.51 , Blogger Mike.... mengatakan...

*tampang bengong*
siapa tuh raditya raka?
artis hongkong,ya don?

 
Pada 29 Mei 2008 pukul 10.02 , Blogger Don Danang mengatakan...

@ Paijan Dateng aja ayo kita ramaikan
Ts radit.

@ Armstrong Ada juga gue yang ke Jogja. bulan juli tapinya.
Emang itu maksudnya mau bikin kayak berita. Kan gue mau mengasah sense jurnalis gue. Tapi ngak bakal semunya dalam bentuk berita.

@ Agrit Nggak tau gue kayaknys dijebak sama blogger lain hihi

 
Pada 29 Mei 2008 pukul 10.08 , Blogger Paams mengatakan...

hweee mau ikut talkshownya dong *nangis darah*
sayangnya di depok ya... jauh... huhuhuhu.

 
Pada 29 Mei 2008 pukul 11.39 , Anonymous Anonim mengatakan...

Alhamdulillah gw tambah kece..

Alhamdulillah juga Danang telah kembali ke jalan yang benar..

yaa..tulislah feature2 itu disini nang..kelak kau akan mendapat honor dari tulisan yang kau buat.

jangan niru Raditya dika ya..hiduplah secara sehat don!!

 
Pada 29 Mei 2008 pukul 14.11 , Blogger harunsaurus mengatakan...

huuuwweee...


pengen dateeenngg..

tapi rumah gw di bekasi, gw gak ada mobil, n tanggal segitu gw mau ke bandung buat ngasi dukungan ke temen2 gw yang ikut USM ITB..

 
Pada 29 Mei 2008 pukul 14.44 , Blogger ipied mengatakan...

saya pengin liahat tulisan yang kamu banget don, bukan yang seperti ke dika-dikaan...
hehehe....

 
Pada 29 Mei 2008 pukul 15.28 , Blogger nrl mengatakan...

asik asik, banyak poto

 
Pada 29 Mei 2008 pukul 20.07 , Blogger `.¨☆¨geLLy¨☆¨.´ mengatakan...

waoOO kEReN Bngttt..
raditya raka saiap dOn

 
Pada 29 Mei 2008 pukul 20.12 , Anonymous Anonim mengatakan...

beruntunglah kalian datang.. sehingga kalian berdua adalah para tetua dari kita.. hahahaha..

*ketawa setan jahannam*

 
Pada 30 Mei 2008 pukul 08.56 , Anonymous Anonim mengatakan...

hwaaaa enaknya yg pada bisa kopdar. Pas di jogja dulu gw tukang kopdar, asik banyak temen, tp sekarang dah g bisa, kejauhan huaaaaa. Have fun lah ya guys :D

 
Pada 30 Mei 2008 pukul 10.58 , Blogger ^NiaRama^ mengatakan...

waaaa.. salam sama dika ya om danang???

bilangin kapan maen ke pekanbaru lagi????

 
Pada 30 Mei 2008 pukul 17.27 , Blogger ~ tc ~ mengatakan...

wah banyak artis euy... mo putu bareng aah...
:P

 
Pada 31 Mei 2008 pukul 07.16 , Blogger Antown mengatakan...

saat loading background warnanya hitam dan lama kenapa ya?

 
Pada 31 Mei 2008 pukul 12.07 , Blogger Ayu Ambarsari Hanafiah mengatakan...

salam buat bena yaaa.. hihi :)
semangat!

oya salam buat Dika juga.. dari kebo. *saya*

LOL.

 
Pada 31 Mei 2008 pukul 12.25 , Blogger putri soe mengatakan...

jaah
enak bgd bsa ke TS radith

btw lam knal :)

 
Pada 31 Mei 2008 pukul 17.19 , Blogger Adhini Amaliafitri mengatakan...

Apa itu feature?
feature adalah cerita atau karangan khas yg berpijak pada fakta dan data yg diperoleh melalui proses jurnalistik.

melengkapi pengertian definisi feature di postinganmu yahh dondan!! ;)

 
Pada 1 Juni 2008 pukul 10.43 , Blogger Mama Shahira dan Syafiq mengatakan...

lho om..kalo tulisan di blog kan bukan soal isinya bermakna ato gak.. tapi sebagai pengatualisasian diri... yang jelas kita ngeblog sekalian untuk belajar menulis.. lha kita bukan wartawan kok.. jd kalo tulisan gak sebagus wartawan di maklumin aja.. hehehe.. Btw.. kl menurut mama sih penulisan om cukup bagus kok.. apa yang mau disampaikan mudah untuk di mengerti.. nah.. itu yg paling penting kan..? daripada nulis panjang lebar tapi gak ada isinya..?

 
Pada 1 Juni 2008 pukul 11.44 , Blogger Pesut Amphibi mengatakan...

masih mending dibilang "tumben tulisannya bermakna" don

kalo gwa malah pernah dibilang "loe jadi orang kok gak makna banget sih?"

jegeeeeerrrrr.....

hilanglah rasa PeDe gwa pada saat itu...

btw, gemana TS Radith? gwa gak bisa ikut kemaren, mobil dipake, huehuehue...

 
Pada 1 Juni 2008 pukul 13.59 , Blogger Bani Biasa mengatakan...

Gua juga jadi Saya...

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

 

DON DANANG EGO BLOG©All Rights Reserved