Salam Don Danang
 

Don Danang seorang mantan wartawan yang terdampar di dunia blog. Ia tak punya kelebihan selain menulis dan fotografi. Katanya blog ini berisi semua pikiran gila dan kreatifnya. Benar atau tidak? Cek saja sendiri. Selamat menikmati...

Profil Lengkap Don Danang

  Hubungi Don Danang
 

sayadanang@yahoo.com
Friendster Don Danang
Facebook Don Danang
Multiply Don Danang

  Usik Don Danang
 
  Coretan Don Danang
 
  Arsip Don Danang
 
  Cibir Don Danang
 



  Kawan Don Danang
 




  Plurk Don Danang
 
  Rumah Don Danang
 

6.25.2008

Bacalah

Guah seperti dikejar-kejar deadline saat harus me-review buku Maling of Kolor buatan Roy Saputra. Soalnya beberapa teman blogger sudah ada yang review duluan. Ini guah persembahkan resensi buku The Maling of kolor dengan aktual, tajam dan terpercaya (kek liputan 6 aja).

Kalo teman blogger atau kerabatnya ada yang kerja di media cetak boleh resensi guah ini dipublikasikan. Heheheh. Terima Kasih.

Terusik Kolor


Judul: The Maling of Kolor: Sebuah Komedi Pencurian Bodoh
Penulis: Roy Saputra
Penerbit: Bukune

Penerbit Bukune biasanya identik dengan buku komedi yang ber-genre Personal Literature atau yang mereka sering sebut dengan Pelit. Seperti halnya buku Babi Ngesot: Datang tak Diundang Pulang tak berkutang (Raditya Dika), Muka Marketplace (Aca), Supermiring Family (Febi), sampai Cado-cado (Ferdiriva Hamzah). Tapi melalui buku The Maling of Kolor karya Roy Saputra, Bukune banting stir. Inilah buku fiksi komedi pertama yang ditelurkan Bukune (koreksi saya kalau salah).

Ternyata sebuah kolor atau celana dalam bisa menjadi konflik yang menarik untuk diangkat. Tak percaya? Buka saja halaman per halaman The Maling of Kolor. Pembaca bakal menemukan plot yang lambat di halaman awal. Tapi itu bukan masalah besar. Karena kita memang diajak untuk menikmati buku ini. Korelasi tiap bab pun dibuat sedemikian rupa agar cerita dibaca tak melompat. Dan itu berhasil dibuat dengan baik.

Saya pikir klimaks buku ini terdapat di halaman tengah, Ya itu memang benar. Tapi setelah itu pembaca diajak turun kembali dari puncak dan menikmati petualangan trio lakon utama: Bang Yanto, Cuplis, dan Ujang.

Jangan kaget jika pembaca tak dibuat tertawa lepas dengan humor di buku ini. Bisa jadi selera humor Anda terlalu tinggi atau Anda memang kritis menanggapi humor yang ada. Buku ini memang fiksi tapi komedi yang ada di buat sewajar mungkin agar kesan komedi yang dibuat-buat tidak ada. Boleh lah buku ini fiksi tapi komedi dibuat tetap memperhatikan kewajaran. Good job.

Tema pertemanan sangat mengigit di sini. Ada beberapa bab yang menunjukkan kesetiawakanan diantara lakon utama. Setidaknya ada 3 bab. Kadang bisa membuat pembaca bergetar tapi jangan dibawa terlalu serius. Bisa-bisa Anda menilai Si Penulis gay. Hahah. That what friends are for seperti lagu yang dipopulerkan oleh Gladys Knight, Elton John, dan Stevie Wonder. Apa arti sahabat buat Anda? Silakan cari sendiri.

Saya juga suka dengan nama artis punggawa ’80-an yang muncul di sini. Bisa saja, kalau perlu ditambah kutipan lagu Pance Pondaah yang: Demi engkau dan si buah hati aku rela berbuat begini, atau Rhoma Irama dari lagu Judi. Ah, itu cuma pikiran iseng saya saja tak usah ditanggapi.

Ada beberapa detail kecil yang membuat saya sedikit terusik. Pertama, percakapan tiga lakon utama kadang terlalu intelek untuk profesi yang mereka anut. Kedua, di mana istri Bang Yanto saat adegan kejar-kejaran. Aha. Tapi itu semua bisa ter-cover dengan baik.

Selamat untuk Roy Saputra yang sudah memberikan standar yang layak untuk penulisan fiksi komedi. Semoga penulis-penulis fiksi komedi yang bakal muncul setelah ini bisa memberikan karya yang lebih lagi. Anda tertantang membuat fiksi komedi? Saya sih iya. Well done Roy. Four thumbs up.

Oia, satu lagi kesan saya membaca buku ini “ANJRIT!” seperti kata penutup dari buku yang awalnya bakal diberi tajuk Kancut ini. Enjoy this fun read. Danang Wibowo

Udah ah segini ajah. Sebenernya guah mau nambahin review album Coldplay yang baru tapi karena keterbatasan halaman (cae bahasanya) guah cukupkan sampai sini. Hehehhe.

Label:

48 Komentar:

Pada 25 Juni 2008 pukul 13.04 , Anonymous Anonim mengatakan...

anjrit, keren bgt reviewnya! ^^

makasi - makasi - makasi

oiya, ini bukan buku fiksi komedi pertama bukune. ada lagi. hehe.

*bocoran: guah memang akan melombakan review-review yang ada, dan so far, you are the best.*

thx, don!!! ^^

 
Pada 25 Juni 2008 pukul 13.14 , Blogger dhimas.ario mengatakan...

hooo...
baru sadar kalo review Kolor bakal dilombain..

Roy kejaaaam!!
tau gitu gw review yang panjang skalian..tapi gak ah..keterbatasan halaman juga

Don..
akhirnya lo dapet juga ya tuh buku
JUJUR..tuh beli apa ngemis2??

 
Pada 25 Juni 2008 pukul 13.15 , Blogger Mike.... mengatakan...

wah..ada lomba review buku kolor?hahaha...aq blom belii..

 
Pada 25 Juni 2008 pukul 15.02 , Blogger Don Danang mengatakan...

@ Roy Anjrit dapet kaos gak nih gue. dapet yahhh. Haha.

@ dhimas huahahhaha. Iya gue ngemis2 ke gramedia suapa dapet sikon kek lo. hihihi

@ Mike buruan beli. Mumpung lum ada saingan. Uhuy

 
Pada 25 Juni 2008 pukul 15.13 , Blogger vivacious_violist mengatakan...

wahh kayanya emg seru yah bukunya. ntar beli ahh. hehe.

thx 4 d review...

 
Pada 25 Juni 2008 pukul 15.19 , Blogger Armstrong da Jimmy mengatakan...

wah gw keknya mau minjem deh bukunya...

hmmm tapi teman sekampus gw udah ada yg beli lom yak?

hahaha gw emang kagak pernah modal klo baca buku... :P tapi gw pasti ngeusahain dengan segenap tenaga tuk nyari tuh bukunya...

hidup kolor...

salam dari "kancut ranger" :D

 
Pada 25 Juni 2008 pukul 16.03 , Blogger achie mengatakan...

akirnyaaaa ada juga review nya..

kayanya bagus yah..

jalan2 ah k toko buku ntar.. ;p

 
Pada 25 Juni 2008 pukul 17.00 , Blogger Unknown mengatakan...

uhuy yang di bilang the best review sama om roy.. ehueheu. saya doakan semoga anda mendapatkan kaosnya ya bukan kolornya! ^^

 
Pada 25 Juni 2008 pukul 17.36 , Anonymous Anonim mengatakan...

hmm, boleh ah, ntar dicoba baca. makasih reviewnya

 
Pada 25 Juni 2008 pukul 18.27 , Blogger Ayu Ambarsari Hanafiah mengatakan...

hehe, belom baca.. anjrit banget yah? huaha.. x)

meluncuurrr!
*kabur ke toko buku*

btw, review nya keren don!

 
Pada 25 Juni 2008 pukul 18.59 , Blogger Nengkiong mengatakan...

bukunya ok tuh,,, lumayan buat menstabilkan tingkat keidiotan otak gue,, soalnya cape jadi orang pinter mulu
*narsisnya keluar*

 
Pada 25 Juni 2008 pukul 19.59 , Blogger Reny.. mengatakan...

kayaknya lucu juga ya..

mau ah, berburu kolor..

*kok jadi berasa waria yah??
=D

 
Pada 25 Juni 2008 pukul 20.49 , Anonymous Anonim mengatakan...

gaya bahasa jurnalis kamu oke punya don danang!
sip dah.
kalo gini gak nyangka kamu aga 'unik'...
oh iya, uniknya dalam tanda kutip.
catet.

 
Pada 25 Juni 2008 pukul 20.52 , Anonymous Anonim mengatakan...

eh don danang, fiksi pertama itu yang jiggong jiggong itu..
lupa saya apa namanya

 
Pada 25 Juni 2008 pukul 21.04 , Blogger Nia ERTINAsari mengatakan...

Emang dilombain??? Hadiahna apa??
*matre mode on*

 
Pada 25 Juni 2008 pukul 21.21 , Anonymous Anonim mengatakan...

wahh.. disana dan disini mereview buku si roy s..

 
Pada 25 Juni 2008 pukul 22.18 , Blogger Don Danang mengatakan...

@ aisha ayo2 dibeli ituh bukunya. Roy liat nih review gueh. membuat orang beli buku lo.

@ Inda roy mah terlalu berlebihan. Saya gak mau kolornya.

@ ketela makasi udah mampir. baca ajah..

@ ayoy Iya si roy emang anjrit. Eh bukunya anjrit. Makasi loh dibilang keren review-nya. Tar aku jadi pereview buat bukune ahhh..

@ kiki jadi kamu gak stabil yah? Bagi dong kepintarannya dikit. heheh

@ reny lucu gak yah? Lumayan lah...

@ Nrl wuih dobel post Unik tanda kutip apa tuh? Jigong2 itu fiksi yah?? Oke saya ralat..

@ Nia iya dilombain. hohoho

@ tika di mana lagi tik yang ada review-nya?

 
Pada 26 Juni 2008 pukul 08.31 , Blogger Presyl mengatakan...

tuh kan krn ada blogger yang nerbitin buku, blogger2 lain langsung ikut mempublikasikan.
ntar klo gw bikin buku, diiklanin juga y don. hehe lo juga mau kan ??
gw iklanin gratis deh ntar..

 
Pada 26 Juni 2008 pukul 08.40 , Blogger Ucing! mengatakan...

jiee.. yang reviewnya dipuji-puji euy :P

semoga menang deh :P

 
Pada 26 Juni 2008 pukul 11.57 , Blogger Paams mengatakan...

oi! gw uda beli bukunya duuunk *bangga setengah mampus*
nantikan review cantik-ku! bwahahaha bwehehehe ...

 
Pada 26 Juni 2008 pukul 13.45 , Blogger diana bochiel mengatakan...

hmmm...reviewnya bagus..hihi
hah lomba review buku kolor?
dapet apa?kaos ma kolor doang ya?

gw blom beli bukunya nunggu yg punya aja..mo minjem hehehe

coment postingan Na juga ada yg baroo
review hulk.klo coment berhadiah tidur bareng HULK

 
Pada 26 Juni 2008 pukul 14.32 , Blogger dee mengatakan...

setuju sm diana bochiel, don danang ikut lomba review buku aja.. btw, gue dah beli bukunya tp blm sempet baca.. tambah penasaran neh..

 
Pada 26 Juni 2008 pukul 17.03 , Blogger ^NiaRama^ mengatakan...

HAAAAAAAAHH!!!di pekanbaru kmrn gw cari ga nemu!!!! apakah tidak di distribusikan ke pekanbaru???????

roy!!!! lo kejaaaaaaaammmmm!! (ngikutin mas emon!!!)

 
Pada 26 Juni 2008 pukul 21.15 , Blogger etta chan mengatakan...

gw belom bacaaa sama sekali . malah baru tau :)) hahahaha

 
Pada 26 Juni 2008 pukul 21.53 , Blogger Unknown mengatakan...

hmmmm...

kok di Depok bLm ada ya????

 
Pada 27 Juni 2008 pukul 05.50 , Blogger Agritia Eka Putri mengatakan...

mau pinjem dunks bukunya...
*males beli mood: ON*
:D

 
Pada 27 Juni 2008 pukul 12.08 , Blogger fiqel mengatakan...

reviewnya bgs om.
pngn beli ni buku gga ada waktu.
sok sibuk.
haha x)

 
Pada 27 Juni 2008 pukul 13.32 , Blogger Amaterasu mengatakan...

banyakkk bgt blogger yang review tuh buku,,, kayakna rame gthu,, pengen nyoba baca tapi males bli :P

 
Pada 27 Juni 2008 pukul 15.22 , Blogger Pesut Amphibi mengatakan...

diliat dari reviewnya kayaknya bole juga...

bukunya lagi di Cengkareng, dalam perjalanan ke Changi neh, huehehehe

 
Pada 27 Juni 2008 pukul 16.19 , Blogger Baiti Rahma Maudina mengatakan...

belum beli euy..
reviewnya oke juga
jadi pengen bacaaaaaa..
beliin dong om Don.. ihik ihik kidding deng :p

 
Pada 27 Juni 2008 pukul 18.09 , Blogger Teuku Zulfikar Amin mengatakan...

waah...gw blom baca...

akhir bulan dan kantong gw dah ga mampu lagi beli buku,,,

gw minjem punya loe aja deh don???

 
Pada 28 Juni 2008 pukul 00.18 , Blogger Mike.... mengatakan...

da aq cari di gramed tapi koq ga ada yah?any suggest?

 
Pada 28 Juni 2008 pukul 08.27 , Anonymous Anonim mengatakan...

Dionne Warwick kok ga disebut2...

upss... ketahuan blogger jadul nih..

 
Pada 28 Juni 2008 pukul 10.42 , Blogger Shelly bLog... mengatakan...

duh...curiga reporter nih..
gaya bahasanya otu loh...
kosakata yang dipake juga memaksa gw buat mikir..ini maksdnya apa (maap, saya lemot nih)

he he he

bakalan menang ga ya di kuisnya RS makdnya Roy Saputra ya Bukan Roy Suryo...

mau beli bukunya ahhh....:)

 
Pada 28 Juni 2008 pukul 13.41 , Blogger Bani Biasa mengatakan...

Oh, sejenis buku raditya dika gitu, ya?

Jadi pengen baca...

 
Pada 28 Juni 2008 pukul 14.58 , Blogger apurie mengatakan...

wah dah keduluan ma Don neh reviewx..
pinjem dulu dunk Don..ntra ku review (he.. telah dunk)
secara ntuh buku belum keliatan di Gramed..

nasib..nasib..tinggal di 'pedalaman'.
bukux belum keliatan, plus Kungfu Panda jg blm keliatan batang idungx...

keburu lebaran deh..

 
Pada 28 Juni 2008 pukul 17.08 , Blogger Republik Gaptek mengatakan...

ikut mensukseskan kemengan Don Danang

 
Pada 28 Juni 2008 pukul 20.01 , Blogger cumicungkring mengatakan...

donnn dananggg..sial, keren banget!
bener kata opung dim, seharusnya gue lebih serius ngebuatnya

 
Pada 28 Juni 2008 pukul 20.10 , Anonymous Anonim mengatakan...

Gue Dukung Lu DON!!!! MERDEKA!!!

Add fs gue.. casspere_17@yahoo.com

hohoho..skaliaan dikasi preview di bvlog lu!!

 
Pada 29 Juni 2008 pukul 10.34 , Blogger Benakribo mengatakan...

duh gw kmrn lupa lagi mo beli .. janji d3h abis uas hiehe

 
Pada 29 Juni 2008 pukul 15.08 , Blogger JoVie mengatakan...

waduh..kayaknya menang nih dapet koment paling banyak...aku iuran satu komen nih.hue3x

Kayaknya keren bukunya..jadi penasaran, soalnya Hobi aku juga baca-baca buku (kalo ada yang minjemin)..

Kamu udah selesai baca bukunya kan?? pinjem dunkkkkkkkkkk

 
Pada 29 Juni 2008 pukul 20.15 , Blogger Toim mengatakan...

wah...wah buku yg di-review judulnya serem jg yah, menyangkut kolor2 an :D

 
Pada 29 Juni 2008 pukul 22.21 , Blogger Mike.... mengatakan...

don,kalo menang reviewnya traktir2 ya...

 
Pada 29 Juni 2008 pukul 23.07 , Blogger Gandhi Anwar mengatakan...

"Bisa-bisa Anda menilai Si Penulis gay"

Hahaha pas gw baca itu, SETUJU banget gw! Coba saja baca hal 34 paragraf pertama. Widiiih... syerem gw! Hi8x... :d

Gw bm sempat ngreview euy! Salam kenla. Di link jg boleh. :P

 
Pada 30 Juni 2008 pukul 14.23 , Blogger harunsaurus mengatakan...

jadi pengen baca...

beli ahh..

 
Pada 30 Juni 2008 pukul 19.48 , Anonymous Anonim mengatakan...

*celingak celinguk cari roy* duh novelnya roy ketinggalan di jakarta, daku belum selesai baca, huhu...

 
Pada 2 Juli 2008 pukul 11.19 , Blogger Melinda Rachman mengatakan...

kata bang Roy lo the best.
pemenang nya dong so far?
kalo jd artis ajak2 gue :D

 
Pada 17 Juli 2008 pukul 09.08 , Anonymous Anonim mengatakan...

hahahaha, tadinya gw pikir lo nulis buku juga dan nyuruh gw baca dan mereview buku lo di blog gw, ternyata???? :)))

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

 

DON DANANG EGO BLOG©All Rights Reserved